Kliping Maya Rumantir Hutasoit

Kliping Media dan Dokumentasi Video

Paparkan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan, Maya Rumantir Kumpul Bareng Senior dan Milenial

- -

Paparkan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan, Maya Rumantir Kumpul Bareng Senior dan Milenial

MANADO (BeritaManado.com) — Masa reses senator RI asal Sulut Maya Rumantir dimanfaatkannya dengan pemaparan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bersama kaum milenial.

Reses tersebut digelar di ruang serbaguna fakultas Tehnik Universitas Samratulangi Manado, Selasa (19/11/2019) kemarin.

Sedikitnya 80 Mahasiswa Fakultas Tehnik ikut mendengarkan paparan Maya Rumantir yang menjelaskan tentang 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta tugas fungsi DPD RI, khususnya komite III tempat dirinya bernaung.

“Dulu jaman saya ada pelajaran Pendidikan Moral Pancasila, dari mulai SD hingga SMA itu diajarkan sehingga kita paham Pancasila itu perekat bangsa,” ujar Maya Rumantir.

Munculnya radikalisme, lanjut Maya Rumantir, adalah dari lunturnya pancasila, demikian juga gejala intoleransi dan terorisme terjadi karena tidak mengamalkan pancasila. 

“Padahal jika sila pertama dijalankan dengan baik, manusia yang berketuhanan yang Maha Esa, akan selalu ingat dan takut akan Tuhan. Maka dia akan selalu berbuat baik,” paparnya.

Edward Mandachan salah satu peserta mempertanyakan soal pandangan masyarakat terhadap warga Papua berbeda.

“Meski di Manado hal itu tidak terjadi, tapi, masih ada yang memandang kami berbeda, tapi banyak juga teman yang baik, sehingga ke depan saya berharap pandangan itu tidak terjadi lagi,” curhatnya.

Sebelumnya, masih dengan agenda serupa, Maya Rumantir menggelar tatap muka bersama 40 kaum ibu dan bapak yang tergabung dalam Keanggotaan Syarikat Islam Indonesia.

Dalam pemaparannya, dia mengajak warga turut menjaga 4 pilar demi keutuhan Indonesia.

“Bangsa lain sangat kagum dengan Pancasila, setiap Duta Besar yang saya tanya, mereka betah di Indonesia karena hidup rukun meskipun berbeda-beda latar belakang,” kata Maya Rumantir.

Dijelaskannya, Komite III yang memiliki 12 bidang tugas, diantaranya pendidikan , agama, budaya, kesehatan, pariwisata, pemberdayaan, keluarga berencana, ekonomi kreatif dan perpustakaan.

“Permasalahan warga itu banyak, untuk yang terkait dengan tugas komite III silahkan sampaikan pada saya,” ujarnya.

Maya Rumantir pun membagikan buku-buku tentang empat pilar untuk dipelajari. Buku yang dikeluarkan DPD RI menjadi panduan masyarakat memahami empat pilar.

Dibagian lain, senator yang pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulut ini juga sangat berharap nanti DPD Sulut memiliki gedung yang representatif.

“Doakan kami nanti dapat gedung baru. Sehingga saat menerima aspirasi warga bisa lebih baik, dan juga dapat digunakan warga karena kantor ini milik masyarakat,” tutupnya.


(***/AnggawiryaMega)

Leave a Reply